5 Aliran Seni yang Populer di Dunia

Ada banyak aliran seni lukis di dunia ini yang menarik untuk dipelajari. Ini bisa membuat kita semakin mudah untuk mempelajari makna dari karya tersebut. Seperti misalnya impresionisme yang dulu pernah dianggap sebagai cara gerakan bawah tanah yang penuh dengan kontroversional.

Lalu ada apa saja aliran seni yang populer di dunia? Berikut ini adalah beberapa alisan seni dari masa ke masa.

1.Seni Renaisans

Pada abad ke 14 sampai abad ke 17, Italia mengalami zaman pencerahan yang sebelumnya belum pernah terjadi. Renaisans merupakan sebutan untuk peningkatan subjek budaya yang ada kala itu, seperti di seni dan arsitektur. Istilahnya sendiri diambil dari kata Rinascimento atau ‘Kelahiran Kembali’.

Di Italia ada beberapa pelukis dengan aliran ini, seperti Michelangelo, Leonardo da Vinci, dan Raphael. Di dalam lukisan seni klasik ini diadopsi minat kuno, seperti menyatukan keseimbangan, naturalisme, dan perspektif.

2. Baroque

Pada akhir dari Renaissance, ada gerakan Baroque yang muncul di Italia, di mana dalam seni Barok lebih menunjukkan mengenai minat artistik di dalam realisme dan juga warna yang lebih bervariasi. Di dalam karya ini, para seniman lebih menunjukkan kemewahan.

Salah satu pelukis dengan konsep ini adalah Caravaggio. Selain itu ada juga seniman lain seperti Bernini yang merupakan pematung.

3. Realisme

Realisme merupakan salah satu aliran seni yang berasal dari Prancis. Perkembangannya terjadi setelah revolusi Prancis. Ini menjadi hasil dari penolakan terhadap Romantisisme yang sebelumnya menjadi gaya dominan saat ini. Pelukis realisme memiliki fokus ke orang-orang kontemporer dan dengan kehidupan sehari-hari.

Ada beberapa pelukis realisme yang dikenal di dunia, seperti Gustave Courbet, Honore Daumier, hingga Abbott McNeill Whistler.

4. Impresionisme

Tahukah kamu seni lukis yang saat ini menjadi favorit banyak pelukis ternyata dulunya merupakan gerakan visual yang kurang dihargai? Para pelukis pada masa lalu beralih dari realistis untuk menggunkaan sapuan kuas yang tampak dengan warna cerah.

Awal dari aliran ini adalah saat sekelompok seniman yang ada di Prancis memutuskan hubungan dengan tradisi akademis dengan melukis en plein air. Ini merupakan salah satu keputusan yang besar, karena banyak pelukis yang saat ini mengeksekusi karya mereka pada dalam ruangan di sebuah studio.

5. Pasca-Impresionisme

Terakhir yang akan kami bahas adalah gaya seni asal Prancis yakni Pasca-impresionis. Aliran ini berkembang pada tahun 1886 dan 1905 dan terjadi karena adanya penggambaran naturalistik mengenai cahaya dan juga warna di dalam self impresionis.

Tidak sama dengan gaya lainnya, pada aliran ini ada beragam jenis seni, seperti Pointillisme Georges, sampai simbolisme Pail Gauguin.

Nah, itulah beberapa aliran seni yang ada di dunia dan menjadi favorit banyak orang.