Jenis – Jenis Seni Tari, Ada Apa Saja Ya?

Seni tari yang ada di Indonesia memiliki banyak sekali ragam yang tersebar mulai dari Sabang sampai Merauke. Karena itulah negara kita disebut sebagai negara yang penuh dengan budaya karena kekayaan kebudayaan serta kesenian di dalamnya.

Tiap daerah yang ada di Indonesia bahkan punya tarian khas mereka sendiri yang membuat tiap daerah berbeda dengan daerah lainnya.

Selain itu, seni tari memiliki pengertian sebagai suatu gerakan yang berirama, dilakukan di suatu tempat serta waktu tertentu untuk mengekspresikan suatu perasaan sekaligus untuk menyampaikan pesan dari seseorang ataupun suatu kelompok.

Seni ini juga menjadi sebuah wujud dari ekspresi diri yang dipunyai oleh manusia yang seringkali menjadi sebuah sarana hiburan serta pertunjukkan oleh kita.

Biasanya, seni tari merupakan sebuah cabang seni yang lebih mengungkapkan keindaha, ekspresi, sampai dengan makna tertentu lewat media gerak tubuh yang disusun maupun diperagakan sedemikian rupa demi memberikan penampilan dan juga pengalaman yang menyenangkan maupun menumbuhkan horison baru untuk para penontonnya.

Seni ini sendiri bisa kalian lakukan dengan tunggal, berkelompok, berpasangan, maupun secara kolosal.

Umumnya, pengertian seni tari adalah sebuah kesenian yang memakai media ungkap seperti gerakan yang dilakukan untuk mengekspresikan perasaan maupun untuk menyampaikan pesan lewat seseorang ataupun lewat kelompok.

Yulianti Parani menuturkan bahwa seni tari adalah sebuah gerakan ritmis yang muncul lewat sebagian atau seluruh tubuh yang dipakai seseorang maupun kelompok yang disertai dengan ekspresi tertentu.

Menurut Soedarsono, pengertian Seni tari adalah sebuah ungkapan yang asalnya dari dalam diri manusia yang lalu diekspresikan lewat gerakan yang indah serta ritmis. Jadi, bisa diartikan kalau ungkapan ini digunakan untuk menunjukkan maupun melimpahkan suatu emosional seseorang yang tiap gerakannya disesuaikan bersama dengan nada dan juga irama yang mengiringinya.

Lalu menurut Corrie Hartong, seni tari merupakan perasaan medesak lewat diri manusia yang mendiring manusia agar mencari ungkapan dengan bentuk gerakan yang ritmis.

Sedangkan menurut Theodora, ia memberikan arti seni tari menjadi sebuah karya seni gerak yang sifatnya tak akan pernah menjadi kontemporer.

Menurut Pangeran Suryadiningrat seni tari merupakan suatu gerakan yang dimunculkan dari semua anggota tubuh seseorang yang dilakukan selarang bersama dengan irama musik dengan suatu maksud.

Lalu menurut Kamala Devi, seni tari adalah suatu insting yang memberi sebuah desakan ke emosi yang ada pada diri manusia di mana sifatnya adalah untuk mendorong manusia untuk berekspresi. Lalu, apa saja jenis tari?

1. Tari Kreasi Baru

Tari Kreasi Baru

Jensi tarian satu ini merupakan sebuah tari pemekaran lewat seni tradisional di mana tarian ini punya gerakan yang biasanya dipadukan maupun dikolaborasikan bersama dengan tarian jenis lainnya. Di dalam tari kreasi baru, biasanya bisa dipakai untuk ritual upcara keagamaan dan yang lainnya.

Tari kreasi baru sendiri bisa dibedakan jadi 2 jenis yaitu kreasi baru pola non tradisi, serta tari kreasi pola tradisi. Tarian baru non tradisi sendiri adalah tarian yang tidak punya pedoman sama sekali dalam seni tarian tradisional.

2. Tari Kontemporer

Tari Kontemporer

Tari Kontemporer merupakan sebuah tarian yang berkembang di negara Indonesia serta tak terpengaruh oleh sebuah unsur seni tradisional. Tarian ini memakai iringan yang lebih modern serta koreografinya syarat dengan makna serta unik.

3. Tari Tradisional

Tari Tradisional

Sedangkan tari tradisional adalah sebuah tarian yang asalnya adalah dari sebuah daerah serta merupakan sebuah tarian turun menurun yang kemudian menjadi budaya dari daerah itu sendiri. Tarian daerah punya nilai filosofis misalnya seperti keagamaan, kepahlawanan, dan lain – lain.

Tarian jenis ini dibagi jadi tari klasik dan tari rakyat.. tari rakyat adalah tarian yang berkembang pada masyarakat serta menjadi sebuah lambang dari kebahagiaan maupun suka cita. Selain itu, tarian rakyat biasanya tak punya aturan – aturan yang baku jadi tariannya sangat bervariasi.

Tarian klasik merupakan sebuah tarian yang asalnya dari keraton maupun kaum bangsawan, tari ini berkembang di lingkungan atas. Itulah kenapa di saat itu para masyarakt kecil sangat dilarang untuk menarikannya. Beda dengan tarian rakyat klasik yang punya aturan yang lebih tertulis dan baku.

Itulah jenis – jenis tarian yang ada di dunia. Semoga bermanfaat.