Jenis – Jenis Seni Visual Yang Mungkin Kamu Tak Tahu

Di dalam bahasa asing, seni visual biasanya disebut sebagai visual arts yang artinya “seni yang terlihat”. Walaupun semua jenis sebetulnya bisa dilihat secara visual seperti seni taru, naun arti kata visual arts tetap merujuk pada seni yang menampilkan bentuk atau rupa.

Seni visual sendiri merupakan salah satu cabang dari kesenian yang menciptakan suatu karya seni dengan memakai media yang bisa didapatkan dengan kasat mata misalnya bisa dirasakan atau bisa disentuh dengan indera peraba.

Seseorang yang membuat suatu karya seni akan menuangkan segala bentuk ekspresi, keindahan, dan juga kecintaan mereka yang mereka letakkan ke dalam suatu media. Dimana media itu bisa dilihat langsung dengan mata atau bisa disentuh secara nyata.

Contohnya seperti sebuah hasil karya lukisan seorang pelukis yang menuangkan serta mengekspresikan segala macam bentuk imajinasinya saat bermain slot pulsa ke dalam sebuah lukisan yang indah dengan cara memadukan warna artistik yang sangat menakjubkan.

Karena itulah, tidak heran kalau semua keindahan yang diciptakan dari sebuah karya seni bisa membuat orang yang melihatnya hanyut ke dalam hasil karya seni itu sendiri. Hal ini mengartikan seni visual bisa membuat orang meras terhibur hanya dengan melihatnya saja.

Seni visual sendiri merupakan sebuah cabang seni yang jenisnya ada banyak. Hal ini juga terbagi mulai dari waktu, fungsi, hingga masa dari seni visual itu sendiri.

1. Berdasarkan Ukuran atau Dimensi

Berdasarkan Ukuran atau Dimensi

Jenis karya seni visual jika didasarkan pada ukuran atau dimensinya di bagi jadi 2 yaitu karya seni 2 dimensi dan 3 dimensi.

  • 2 dimensi: karya seni visual 2 dimensi atau yang biasanya kita kenal juga dengan dwimantra merupakan suatu hasil karya seni yang hanya dibentuk dari 2 macam unsur saja yaitu panjang dengan lebar. Karya seni satu ini hanya bisa di lihat bentuknya dengan jelas dari arah tertentu. Misalnya seperti seni ilustrasi, lukisan, kain batik, kain tenun, sketsa, dan masih banyak lagi contoh lainnya.
  • 3 dimensi: sedangkan karya seni 3 dimensi merupakan karya yang punya 3 unsur yang membtnuk karya tersebut. Yaitu lebar, panjang, dan tinggi. Ketiga unsur itu nantinya akan membentuk suatu ruang, volume, serta bentuk. Hal ini menjadikan karya seni tersebut bisa dilihat dari berbagai arah. Misalnya adalah hasil kerajinan kriya, patung, bonsai, dan lain – lain.

2. Berdasarkan Waktu atau Masa

Berdasarkan Waktu atau Masa

Berdasarkan dari waktunya, karya seni visual sendiri terbagi jadi 3 jenis yaitu seni visual tradisional, seni visual modern, serta seni visual kontemporer.

  • Modern: Karya seni visual yang modern adalah salah satu hasil dari sebuah karya seni yang sudah mengalami pembaharian lewat karya seni tradisional. Dimana hasil dari pembaruan itu meliputi berbagai aturan maupun pola yang sudah diubah dan juga mengandalkan tangan yang kreatif lewat sang pencipta karya seni dengan sifat yang individu. Misalnya seperti seni kriya, patung, seni grafis yang biasa terdapat di situs slot online, dan lain – lain.
  • Tradisional: seni visual yang ada di zaman dulu atau yang seringkali disebut sebagai seni visual tradisional adalah sebuah karya seni yang punya aturan yang tetap serta punya sifat statis yang mengindikasikan bahwa hasil karya seni itu tak mengalami segala bentuk perubahan baik lewat gaya maupun bentuknya. Di dalam sebuah seni visual tradisional, berbagai aspek yang terkandung di dalamnya memang sangat amat dijaga turun temuruh dari generasi ke generasi selanjutnya.
  • Kontemporer: sedangkan seni kontemporer merupakan salah satu karya seni yang muncul dikarenakan adanya suatu trend maupun suatu kondisi waktu yang sangat tak terpikirkan dan sifatnya kekinian.

3. Berdasarkan Fungsi

Berdasarkan Fungsi

Dari fungsinya, karya seni visual terbagi jadi 2 kelompok yaitu karya seni visual murni serta seni visual terapan.

  • Seni visual terapan: adalah suatu karya seni dimana karya ini meninggikan fungsi gunanya jika dibandingkan dengan fungsi estetikanya. Jadi, karya seni visual ini bisa dimanfaatkan di dalam sebuah kehidupan sehari – hari. Contohnya adalah meja, kursi, garpu, sendok, gelas, dan lain – lain.
  • Seni visual murni: sedangkan karya murni merupakan bentuk seni yang terbuat untuk dinikmati berbagai nilai estetikanya saja. jadi, karya seni visual satu ini tak bisa dimanfaatkan di dalam kehidupan kita sehari – hari. Misalnya lukisan, poster, patung, dan masih banyak lagi.

Itulah beerbagai jenis seni visual. Semoga bermanfaat.