Tips Belajar Piano Yang Harus Kamu Coba Lakukan!

Belajar memainkan piano memang bukan hal yang bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Ada banyak wakyu, tenaga, serta biaya yang harus dikeluarkan agar kalian bisa mencapat level yang cukup untuk memainkan piano dengan fasih.

Apalagi, jika kalian merupakan pribadi yang mudah bosan, mempelajari cara bermain piano bukanlah hal yang mengasyikkan.

Kalian harus terlebih dahulu tahu cara belajar piano untuk pemula agar kalian bisa memahami dasar – dasarnya.

Kalian harus belajar not – not musik, mengenal tuts – tuts piano, dan melemaskan jari – jari tangan agar lentur saat bemain piano.

Namun, bukanlah hal yang mustahil untuk bisa memainkan piano secara otodidak. Nah, di bawah ini ada beberapa cara belajar piano dari dasar untuk pemula yang perlu kalian pahami.

1.Kenali Tuts Atau Keyboard Piano

Kenali Tuts Atau Keyboard Piano

Cara belajar piano yang pertama adalah dengan mengenal tuts atau keyboard pada piano. Membuat agar diri kalian terbiasa dengan piano adalah hal paling utama untuk dilakukan.

Jika kalian cukup beruntung dan memiliki piano sendiri, kalian bisa langsung mempraktikkannya sambil membaca. Namun jika tidak, kalian bisa menyimpannya dulu sebagai panduan nanti.

Jika kalian memang benar – benar pemula dan belum pernah sekalipun memainkan tuts piano, hal ini mungkin sangat membingungkan. Piano terdiri dari not – not.

Not merupakan simbol yang mewakili titik nada suara yang keluar dari instrument yang kalian mainkan di piano.

Di piano, kalian juga akan melihat pola dua nada hitam, diikuti oleh tiga nada hitam – berulang-ulang – dengan nada putih di antaranya. Kalian hanya perlu fokus pada yang putih saat ini.

Kalian akan melihat bahwa not-notnya disusun menurut urutan abjad dari A ke G, yang diulangi piano dalam beberapa siklus. Yang membingungkan adalah not C secara resmi merupakan awal dari siklus. Setiap siklus terdiri dari DELAPAN nada – C, D, E, F, G, A, B dan C lagi. 

Berikut adalah beberapa tip tentang bagaimana mulai menghafal penempatan catatan:

  • Di sebelah KIRI dari dua nada hitam adalah C
  • Di sebelah KANAN dari dua nada hitam adalah E
  • Di sebelah KIRI dari tiga nada hitam adalah F
  • Di sebelah KANAN dari tiga nada hitam adalah B

Tiga nada yang belum dibahas adalah D, G, dan A yang mana ketiga nada ini jatuh di tuts hitam.

2.Penomoran Jari Serta Posisi Tangan

Penomoran Jari Serta Posisi Tangan

Cara belajar piano yang selanjutnya adalah dengan mulai menomori jari – jari kalian, putuskan not mana yang akan dimainkan dengan jari mana akan menjadi sangat penting setelah kalian bisa mulai memainkan tuts – tuts piano.

Cara belajar piano yang selanjutnya adalah dengan memposisikan tangan secara baik dan benar. Cara ini adalah bagian yang sangat penting.

Tangan, pergelangan tangan, dan lengan bawah kalian dapat rusak parah jika kalian mengambil posisi yang salah saat memainkan piano.

  • Tangan harus bertumpu pada tuts dalam bentuk setengah lingkaran.
  • Jaga tangan sejajar dengan lantai. Jangan turunkan pergelangan tangan.
  • Jaga agar pergelangan tangan sangat longgar.

3.Skala C Mayor

Skala C Mayor

Cara belajar piano yang selanjutnya adalah dengan mempelajari skala C mayor. Skala adalah seperangkat not musik yang diurutkan berdasarkan frekuensi dan nada dasar.

C mayor adalah skala yang paling dasar dan umum digunakan. Ada delapan nada dalam skala C mayor: C, D, E, F, G, A, B, dan C. Anda hanya akan mempelajari tangga nada menggunakan tangan kanan.

  • Temukan C di keyboard. Ingat bagaimana cara menemukannya? C berada di KIRI dari dua nada hitam.
  • Dengan tangan kanan Anda, letakkan jari 1 di C, jari 2 di D, dan jari 3 di E.
  • Luangkan waktu untuk memainkan setiap not secara terpisah, atas dan bawah, atas dan bawah. Saat Anda semakin percaya diri, mulailah mempercepat temponya.
  • Anda sekarang telah menguasai TIGA nada pertama dari tangga nada 8 nada C mayor! Sekarang, saatnya menguasai lima nada yang tersisa.

Nah, itulah cara mudah untuk belajar piano bagi pemula. Semoga bermanfaat.